Adsense Blindness, Masa Depan Internet Advertising


Anda mungkin sudah banyak membaca tentang penempatan iklan Adsense di blog , dan saya rasa blogger manapun akan paham dan dengan mata tertutup pun bisa mengenali dimana letak iklan favourit blogger. Saya pun akan merasa bisa mengenali iklan dimanapun anda meletakkannya.

Namun pada artikel kali ini saya tidak akan mengupas tentang Adsense position atau letak iklan adsense. Namun lebih khusus pada pertanyaan apakah dimasa depan masih ada orang yang mengklik iklan di blog kita. Padahal biasanya blog dengan topik yang disukai oleh blogger , pengunjungnya pun dari kalangan blogger sehingga mereka alergi untuk mengklik iklan. Ini juga yang perlu di mengerti karena Google juga menyadari di masa depan kemungkinan iklan hanya akan memberikan kontribusi pendapatan pada impressi  dan mungkin klik iklan akan menurun sepanjang tahun. Imbasnya adalah para pengiklan akan lari menuju media elektronik non internet misalkan TV dan lainnya.

Memang pada awal kemunculannya, iklan online dijadikan primadona karena budget lebih sedikit ketimbang beriklan di TV dan media elektronik lainnya, namaun seiring dengan waktu terjadi pergeseran , memang iklan semakin banyak dilihat tetapi untuk pengiklan hasilnya justru turun. para pengguna internet jenuh dengan adanya iklan yang kadang sangat menganggu. Ini disadari tidak saja oleh Google tetapi oleh situs besar lainnya misalkan facebook dan bing.. Sehingga mencari slusi adalah tepat untuk masa depan iklan di dunia maya ini.

Bakan dengan iklan blindness membuat terjadinya penghasilan pada publisher tetapi merugikan pengiklan. Kenapa ? karena iklan sering diklik tanpa sengaja dan tidak ada kepentingan untuk informasi tambahan dari iklan tersebut.  Dengan iklan blindness ini membuat perilaku pengguna internet terutama pengunjung blog semakin hati hati dan mereka tetap fokus pada konten sehingga terjadi kebutaan dalam iklan yang ditampilkan. maksudnya adalah impressi melimpah tetapi tidak terjadi klik pada iklan. Ironis bukan?

Dalam sebua laporan dari Google , mereka menyatakan bahwa iklan sudah terasa tidak efektif seperti pada awalnya, hal ini dengan ditunjukkannya pendapatan yang mana sebagian besar disokong darimesin pencari bukan dari iklan Google Adsense. nah apakah tidak membuat pengiklan pada lari mencari alternatif lain? jika target mereka tidak tercapai.

Sah sah saja kita membuat iklan yang blindness sehingga tampak menyatu pada konten blog tetapi dimasa depan mungkin sudah tidak diperbolehkan. hal in dengan di hukumnya blog blog yang menampilkan iklan di bawah judul dan menyamarkan iklan sedemikian rupa sehingga nyaris tidak ada beda antar iklan dan judul serta artikelnya. Untung di pihak Publisher tetapi rugi di Advertiser.. kalau menurut anda bagaimana masa depan iklan Adsense di tahun tahun yang akan datang? ditunggu komentarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar